Apa arti Om Telolet.? Inilah arti dan sejarah muncul kata yang lucu dan geli tapi setelah tahu bakal tersenyum

Hallo sahabat curhat sang pelaut …pernah dengar “OM TELOLET OM” ? Istilah ini pertama kali saya dengar dari sebuah komentar yang sering muncul di facebook atau di medsos lainnya. Kok sepertinya istilah ini lagi trending dan hits banget saat ini.

Jadi apa itu “Om Telolet Om” ? Apa kira-kira artinya yah ? Bahkan sering banget dipelesetkan oleh anak muda menjadi terpleset menjadi telotot, telotet, toletet atau bahkan tololet yah.

Jadi begini, fenomena ini menjadi populer setelah ada seseorang yang mengupload video yang diambil di daerah Jepara. Disana saat siang atau sore hari ada seorang ank kecil yang habis pulang sekolah berdiri di pinggir jalan, kemudian anak kecil tersebut berteriak “Om Telolet Om” ! 

Nanti saya akan rekam suara klakson kapal pesiar pasti kalian bakal terkejut suaranya keras sekali bikin merinding bukan telolet lagi tapi suara ngooooong panjang banget ol kita lanjut ke om telolet lagi …hehe 

Ada juga anak kecil yang sambil memegang kertas yang bertuliskan “Om ! Telolet” Teriakan itu ditujukan kepada supir bus yang melintas di jalan raya agar membunyikan klakson busnyaOm Telolet Adalah
Om Telolet Om

Pengertian yang sebenarnya 

Jadi “Om” itu maksudnya adalah si om supir bus. Sedangkan “Telolet” itu seperti menirukan suara klakson bus yang berbunyi telolet tolelet telotet. Yah kira-kira kalau di tuliskan seperti itulah bunyinya haha.

Singkatnya “Om Telolet Om” merupakan sebuah seruan yang diucapkan oleh anak-anak kecil yang ditujukan kepada supir bus agar supir bus mau membunyikan klakson busnya.

Tujuannya supaya apa sih ? Ya cuman buat have fun doang aja. Maklum, namanya juga anak kecil. Mungkin anak-anak itu sangat senang mendengar suara klakson bus yang memang terkadang bunyinya unik.

Ada juga yang merekam suara klaksonnya lalu setelah di rekam di upload ke media sosial dan sebagainya. Mungkin bagi para bus mania hal ini bukanlah hal yang baru karena segala hal yang berkaitan dengan bus adalah unik terutama untuk suara klakson yang banyak variasinya.

Tapi bagi orang awam ini menjadi sebuah trend setelah melihat keceriaan anak-anak kecil mendengar suara klakson bus setiap menunggu bus antar kota yang melintas. Hal ini membuat kita sadar bahwa “Bahagia itu sederhana

Fenomena ini semakin ngetrend di beberapa wilayah di Indonesia, bukan hanya di Jepara saja. Dan penggemarnya bukan lagi hanya anak-anak, melainkan juga para remaja dan dewasa.

Yah lumayan lah bagi yang punya bisnis berjualan klakson telolet bisa menjadi sebuah anugrah untuk menambah penghasilan hehe.

Sebagai catatan saja, harga klakson telolet ini cukup mahal loh. Mulai dari harga 500 ribuan sampai yang harga jutaan rupiah. Tergantung tingkat kekerasan suara dan juga beberapa kombinasi suara yang dihasilkan.

Mungkin sebagian orang ada yang mengatakan bahwa hal ini adalah sebuah hal yang norak dan tidak perlu di populerkan. Tapi kalau itu bisa membuat anak-anak bangsa ini bahagia, apa ada yang salah ? Toh yang kasih makan mereka bukan dia hehe.

Mungkin mereka sesekali harus mencobanya dulu, lalu teriak kencang-kencang “OMMMM …… TELOLET OMMM …..” !! Baru bisa mengerti bahwa bahagia itu sederhana.

Pro Kontra Perekam Klakson Bus Telolet

Suara klakson telolet pada bus memang sangat fenomenal belakangan ini dan memancing anak-anak untuk mengabadikannya. Akan tetapi dibalik ke viralan bus telolet ini memunculkan pro dan kontra di kalangan perekam bus telolet.

“Saya juga mengamati fenomena ini. Mereka kan masih anak-anak tapi sudah sangat menyukai bus dan mengaku sebagai bus mania community. Kalau sejak kecil saja sudah menyukai bus, semoga saat dewasa nanti juga tetap menyukai bus sebagai trasportasi umum.” beber Kepala Dishubkominfo Karanganyar Agus Cipto Waluyo.

Menurut Agus, di era modern saat ini, tidak sedikit masyarakat yang enggan untuk memanfaatkan moda transportasi umum. Dampaknya, sejumlah perusahaan angkutan umum harus gulung tikar. Bahkan, sejumlah rute tidak lagi dilewati oleh angkutan umum karena sepinya penumpang.

“Saking banyaknya yang menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum banyak yang mati. Di Karanganyar pun juga demikian. Angkutan umum bus yang masih jalan mulai berkurang. Dengan adanya komunitas bus mania ini diharapkan dapat menghidupkan kembali moda transportasi umu,” terangnya.

Agus menilai, aksi merekam laju bus tersebut bukan termasuk aktivitas yang membahayakan. Apalagi fenomena itu tidak hanya ditemui di Karanganyar. Tapi sudah lebih dulu booming di daerah lain.

Namun, Dishubkominfo akan berupaya melakukan pendekatan terhadap anak-anak perekam laju bus agar aksinya tidak sampai membahayakan keselamatan diri mereka ataupun sopir bus.

Sementara itu, salah seorang anak perekam laju bus, Ridwan, 10, menyatakan sudah sejak setengah tahun hunting bus untuk mendapatkan suara klakson telolet…telolet. Hasil rekaman sekedar untuk dipamerkan kepada teman-tema sebaya. ”Dicari bus yang klaksonya telolet…telolet. Untuk koleksi saja,” terang warga Jungke, Karanganyar itu.

Aktivitas merekam laju bus itu dilakukan setiap pulang sekolah. Ridwan bersama teman-temannya biasanya ramai-ramai stand bydi Jalan Kapten Mulyadi Karanganyar, dekat Terminal Jungke. Memang jalur tersebut kerap dilewati bus jurusan Jakarta. ”Bus bagus-bagus, jadi tertarik merekam,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua BMC Eks Karesidenan Surakarta Arga Kusuma Senna menyatakan, anak-anak merekam laju bus hanya ikut-ikutan. BMC hanya menyosialisasikan cara safety hunting khusus kepada anggota BMC minimal yang sudah duduk di bangku SMA. Karena selama ini tidak sedikit anggota BMC merekam laju bus tanpa memperhatikan keselamatan. Hasil rekaman untuk dievaluasi dan koleksi pribadi. Tidak ada hadiah atau imbalan apa pun dari merekam laju bus.

Arga juga belum mendapat informasi pasti kenapa marak anak-anak di bawah umur ikut merekam laju bus. Biasanya mereka mengaku dari BMC tapi sebenarnya tidak tahu apa itu BMC dan maksud merekam laju bus.

Dengan alasan tersebut, BMC akan mengerahkan pengurus di daerah untuk memberikan sosialisasi kepada anak di bawah umur yang merekam laju bus. Fenomena ini juga akan dibahas pada musyawarah nasional.

Trend Bus Telolet 

Telolet
Om Telolet Om

Semenjak banyak bus yang menggunakan klakson telolet, muncul sebuah komunitas pecinta bus yang menamakan dirinya sebagai bus mania community. Tidak hanya di kota-kota besar saja loh, kini ada banyak BMC Regional dari berbagai daerah yang mendeklarasikan diri sebagai komunitas dan kerap melakukan gathering secara rutin. Wah sangat menarik yah 🙂

Mereka juga kerap kumpul di PO Bus tertentu dan saling berbagi video telolet melalui akun youtube masing-masing. Tidak jarang, mereka pun menyewa satu armada bus dan melakukan study tour ke kota-kota tetangga dengan bus tersebut.

Tujuan komunitas ini apa sih ? mungkin dari kita timbul pertanyaan seperti itu. Jadi tujuan komunitas bus mania ini cukup mulia loh, mereka kerap mengadakan sosialisasi bagi para pencari klakson telolet yang sering berkumpul di pinggir jalan agar tidak mengganggu pengandara lain dan yang terpenting agar tidak membahayakan diri mereka sendiri.

Tentu sangat berbahaya untuk berkerumun di pinggir jalan dan berteriak pada supir bus untuk membunyikan klaksonnya. Mau coba ? hehe. Dengan kehadiran komunitas ini, mereka berharap juga bisa berburu klakson telolet dengan baik serta dengan aman.

Kehebohan Om Telolet Om di Twitter

Tadi malam, 20 Desember 2016. Di twitter dihebohkan dengan trending topik Indonesia yang mendunia. Bukan sebuah prestasi atau kebobrokan negeri ini, namun karena hal sepele “OM TELOLET OM”

Para netizen mencuitkan kata-kata tersebut di situs mereka masing-masing. Bahkan tidak sampai disitu, karena beberapa dari mereka juga ada yang mention ke akun twitter artis dan musisi ternama di dunia dengan kata “OM TELOLET OM”

Pada awalnya banyak selebriti yang merasa terganggu dengan kemunculan tweet tersebut. Bahkan dari kebanyakan mereka bertanya-tanya, what is Om Telolet Om ? What does Om Telolet Om Mean ? Haha lucu banget yah 🙂

Kejadian ini juga tidak terjadi di twitter saja, melainkan juga booming di sosial media lainnya seperti instagram ataupun sosial media yang sasarannya adalah netizen Indonesia. Mereka mengomentari foto para artis dan penyanyi Hollywood dengan kata “OM TELOLET OM”.

Meski awalnya merasa terganggu, namun akhirnya mereka menikmati apa yang sedang terjadi. Mereka bahkan tidak ragu untuk menulis di akun twitter mereka dan menambahkan hastag “OM TELOLET OM”.

Begitulah ceritanya…

Advertisements

2 thoughts on “Apa arti Om Telolet.? Inilah arti dan sejarah muncul kata yang lucu dan geli tapi setelah tahu bakal tersenyum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s