Curhat sang pelaut

Mayat Berusia 2.150 Tahun, Tapi Masih Utuh

Posted on: 24 August 2009

Sesosok jasad wanita berusia 2.150 tahun dalam keadaan basah dan utuh diawetkan dengan teknologi tinggi oleh tim ahli China dan dipamerkan di museum Changsha, Provinsi Hunan, China, jadi sasaran kunjungan wisatawan dikutip dari Kompas

Maaf screen shootnya saya tidak ditampilkan lagi..

Foto : Mayat Berusia 2.150 Tahun, Tapi Masih Utuh

Mayat 2.150 Tahun Masih Utuh dan Segar Dari museum peninggalan benda bersejarah China di Kota Changsha itu hari Kamis dilaporkan, mayat tersebut utuh bagai manusia hidup dan diletakan dalam kotak bening berisi cairan pengawet.

Mayat wanita bernama Sinzui tersebut berkulit putih pucat, dengan mata tertutup, lidah terjulur dan berambut hitam dengan tinggi badan mencapai 158 sentimeter.

Berdasarkan atas data di museum tersebut, mayat itu ditemukan tahun 1972 dalam peti kayu berukuran panjang lima meter, lebar dua setengah meter dan tinggi dua meter, yang terkubur pada kedalaman 20 meter dari permukaan tanah di kawasan perbukitan Mantui, Changsha.

Saat ditemukan, tiga peti dengan ukuran sama di dalamnya masing-masing terdapat satu mayat, yakni seorang laki-laki berusia 58 tahun dan 30 tahun, namun jasad dua lelaki itu tidak dipamerkan di museum Changsha.

Penemuan tiga peti besar utuh tersebut berawal dari perintah pemimpin China saat itu agar rakyat di Changsha menggali lubang besar untuk berlindung bila terjadi perang. Ketika rakyat menggali di perbukitan Maantui, pada kedalaman 20 meter ditemukan ketiga peti kayu berukuran besar tersebut dan setelah dibuka berisi masing-masing satu mayat.

Selain itu, aneka barang digunakan sejak 2.100 tahun lalu itu juga tersimpan dalam peti dan masih utuh, bahkan warnanya pun tidak memudar. Pemerintah China kemudian menurunkan tim ahli membongkar dan menyelamatkan tiga peti kayu dan seluruh isinya, termasuk tiga mayat tersebut.

Tim dokter ahli, yang melakukan pembedahan, menyatakan mayat itu utuh dan basah tanpa rusak, meski terkubur 2.100 tahun. Setelah dibedah, mayat itu diawetkan dengan teknologi tinggi untuk selanjutnya disimpan dalam museum Changsha, yang dibangun untuk menyelamatkan, menyimpan dan memamerkan temuan, yang bisa mengungkapkan kehidupan warga China pada 2.100 lalu itu.

Berbagai alat juga ditemukan dalam peti itu, yang juga diselamatkan dan dibersihkan dengan teknologi tinggi dan bersama mayat wanita itu disimpan dan dipamerkan di museum Changsa.

Benda kuno bersejarah tinggi itu antara lain puluhan guci berukuran besar dan kecil, aneka tulang-belulang binatang, yang dagingnya dimakan manusia saat itu, mata uang logam bulat dan petak dari bambu.

Selain itu, alat masak dari kayu dan logam, sendok logam dan kayu berukuran besar, piring dan gelas dari logam dan kayu. Puluhan patung manusia dari tanah liat dan kayu, senjata kuno berupa anak panah dan busurnya, pedang kuno sepanjang 1,5 meter dan aneka senjata tajam lain juga tersimpan di sana.

Di samping itu, terdapat relief tanah liat bergambar puluhan orang, yang hidup pada zaman tersebut, alat penumbuk padi, alat musik kecapi berukuran kecil dan besar, gitar kuno, belasan seruling aneka ukuran, angklung dari kayu, tikar berukuran 2×05 meter dan alat permainan, seperti, catur kuno.

Selain itu, surat catatan kejadian 2.100 tahun lalu, nama pemimpin saat itu, puluhan kitab China kuno, puluhan lukisan bunga, belasan kain sutra dan baju kuno china, ikat pinggang, selendang, kaos kaki, sepatu dan celana.

Semua barang kuno tersebut ditemukan bersamaan di dalam peti kayu berisi tiga sosok mayat tersebut. Menurut Yu Wen Hui, pemimpin biro perjalanan Dong Fang Internasional Ltd, Guangzhou, China, berdasarkan atas catatan, yang diterjemahkan dari kitab kuno dan surat ditemukan dalam peti, usia mayat dan barang kuno tersebut mencapai 2.100 tahun.

Mayat dan aneka barang peninggalan bersejarah kehidupan China tempo dulu itu kini menjadi salah satu objek wisata unggulan di kota Changsha dan dikunjungi sekitar 800.000 orang tiap tahun, kata Yu Wen Hui. hebat deh.

Advertisements

18 Responses to "Mayat Berusia 2.150 Tahun, Tapi Masih Utuh"

serem amat

ya aku juga merinding masukin artikelnya tapi…

Mungkin mayat yang laki-laki tidak dipamerkan karena takut akan berubah menjadi vampir cina….

hahaha..komentar yang cerdas tuch,,,tapi lucu he ehehe

Dapet sumber dari kaskus ya mas???

Kalo beritanya saya percaya, tapi fotonya itu loh yang aneh dan ‘mencurigakan’ 😆

ya..oh gitu ya,,gmana sebaiknya dihapus postingannya atau gmana ya..mks komentarnya

Waduh koq gambarnya dihapus, jadi ngga enak hati nih…
saya kan cuma ngasih pendapat, bukan berarti minta gambarnya dihapus 😀

Saya bilang aneh karena mayatnya kaya’ Jenazah muslim yang sedang di kubur. Kafannya, Bola tanah, dan arah badannya.

Sekarang malah bikin penasaran yang belum liat gambarnya.
Soalnya masih ada tulisan:
Foto : Mayat Berusia 2.150 Tahun, Tapi Masih Utuh.

Jadi gambarnya dipasang lagi deh 😆

punten kang agus, saran nih…

M-shot nya dimatikan saja, karena mengganggu.

thanks

maaf kang rachmat M-shot apa, maklum bru bikin wp ne, mks banyak sarannya tolong bls biar saya perbaiki secepatnya

M-Shot itu salah satu fasilitas di wordpress.
Kegunaannya jika kursor mouse didekatkan di link website maka akan muncul screenshot, ini kadang memang mengganggu 😀

Jadi bukan mayatnya 😆

cara non aktifin screen shootnya gimana ya

WAH ……………………………………kenapa mayat pria itu ga ditampilin sua\dah ga berbentuk lagi ya

kalau ditampilin nanti jadi vampir iih takut…

Siang mas… kabarnya baik2 aja, mas juga kan…
Wah ganti baju lagi mas, keren juga….

syukrlah,,ya ni ganti baju terus..cari yang cocok 🙂

M-shot ada di appearence >> extras, enable mshot-nya jangan di chek list.

Kug myat na msh utuh yah…….????????

Yg myat Lki na gag usah dpmerin adjah biar gag jadi vampir gentayangan,,,:)hehhehe

ihhh tuu pasti orank yg beriman………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Us

Need to translate?

info loker HAL

Daftar isi

BELAJAR WORDPRESS DISINI

BELAJAR WORDPRESS DISINI

Arsip

Kategori

Tukeran Link Yuk / Links Exchange

Yang G`Nongkrong

Anda Yang Ke

  • 1,376,743 Pengunjung
free counters
IP
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
Alexa Certified Traffic Ranking for https://ehkangagus.wordpress.com Alexa Certified Site Stats for https://ehkangagus.wordpress.com
Add to Technorati Favorites
banerbaru
August 2009
M T W T F S S
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 5,183 other followers

google-site-verification: googlec3cb9fe245465592.html
google-site-verification: googlec3cb9fe245465592.html

Curhat Sang Pelaut

Advertisements
%d bloggers like this: